Lp.k-P-K-Dipimpin-Lagi-Oleh-Andi-Aro.jp

LP.K-P-K dipimpin lagi oleh Andi ARO Sampai 2027

Pengawalkebijakan.id – Jakarta. LP.K-P-K yang dinahkodai Andi Abdul Rahman Onge atau yang sering disapa dengan nama Andi Aro akhirnya bersandar dipelabuhan bernama MUNAS (Musyawarah Nasional) Pertama, yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 November 2022 di Ruang Meeting Lantai 2, Asrama Haji Pondok Gede – Jakarta .

LP.K-P-K ini sangat luar biasa dan sebuah kehormatan besar dihadiri oleh pihak Istana Negara yang diwakili oleh Kepala Staf Kepresiden (KSP) melalui Bapak Rumadi Ahmad Deputi V/Tenaga Ahli Utama menyampaikan sambutan Pembukaan atas nama Presiden Republik Indonesia.

Rumadi Ahmad selaku Deputi V Kepala Staf Presiden menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bapak Moeldoko karena dihari yang sama ini sedang bersama dengan Bapak Presiden, sehingga saya ditugaskan untuk menghadiri undangan Panitia Musyawawah Nasional Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan yang disingkat LP.K-P-K.

Lp.k-P-K-Dipimpin-Lagi-Oleh-Andi-Aro.ft04.Jpg
Lp.k-P-K-Dipimpin-Lagi-Oleh-Andi-Aro. Foto Bersama Deputi V/Ahli Utama – Staf Kepresidenan

Selanjutnya Rumadi Ahmad menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya, di antaranya adalah bahwa peran serta organisasi swadaya menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam membangun Indonesia ke depan sehingga perlu dijaga kerja sama yang baik antar elemen bangsa guna menciptakan keberlangsungan pembangunan yang saat ini terus dikerjakan oleh Bapak Presiden, termasuk kami sedang mempersiapkan peningkatan pembinaan dan potensi organisasi kemasyarakatan termasuk anggarannya.

Sementara itu pada saat sebelum dimulainya proses pemilihan Ketua Umum, Pimpinan Sidang mempersilahkan kepada Andi Aro calon tunggal Ketua Umum untuk menyampaikan visi-misinya.

Lp.k-P-K-Dipimpin-Lagi-Oleh-Andi-Aro.ft03..Jpg
Lp.k-P-K Dipimpin Lagi Oleh Andi Aro.ft03.

Maka beberapa catatan dalam visi-misinya Ketua  Umum LP.K-P-K Andi Abd Rahman Onge, adalah :

Pertama : Memantapkan konsolidasi organisasi baik internal maupun eksternal. Di dalam internal organisasi akan fokus pada penataan pengembangan organisasi dari tingkat Komisi Daerah (KOMDA), Komisi Cabang (KOMCAB) dan Komisi Rating (KOMRAN/Tingkat Kecamatan). Ada target sumberdaya dan target jumlah yang ingin dicapai terutama memantapkan visi bersama dan kerja sama. Sedang konsolidasi secara eksternal, Komisi Nasional (KOMNAS/Pengurus Pusat) akan membuka link dibeberapa kantor Kementerian, Lembaga Negara lainnya untuk mengadopsi program dan memperkuat mitra kerja program.

Kedua : Seiring perkembangan global dewasa ini, maka pelayanan rekrutmen anggota, pengawasan internal dan informasi program akan dikolaborasi dengan system digitalisasi dengan memperkuat website organisasi dan jaringan media lainya.

Pengawal-Kebijakan-Pemerintah-Dan-Keadilan-Dipimpin-Lagi-Oleh-Andi-Abd-Rahman-Onge.-Ft.03.Jpg
Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan Dipimpin Lagi Oleh Andi Abd Rahman Onge. Ft.03

Ketiga : Guna memperkuat eksistensi organisasi, maka para pengurus di semua level kepengurusan harus lebih kritis di dalam dinamika Bangsa saat ini, terutama dalam mengawal kebijakan pemerintah disemua sektor pembangunan serta harus lebih banyak memberikan kritik dan saran kepada pemerintah secara elegan yang dibarengi dengan program-program solusi.

Keempat: Memberikan advokasi kepada masyarakat marginal yang membutuhkan pendampingan secara non Litigasi. Serta jangan takut melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH) jika menemukan suatu kasus yang merugikan masyarakat terutama merugikan keuangan negara.

Kelima : Bahwa hal-hal tersebut di atas dilakukan secara persuasif, dengan hati (heat to heat) sebagaimana filosofi dari Lambang organisasi, dan jangan mencederai marwah organisasi dengan tidak mengitimidasi, tidak melakukan kekerasan, pemaksaan dan pungli atau merugikan pihak lain ketika melakukan Tugas dan Fungsi kelembagaan.

Keenam, dengan perubahan Lambang dan pengembangan LP.K-P-K sampai ketingkat Kecamatan (Komisi Ranting/KOMRAN) yang dicetuskan dalam Munas ini, diharapkan bisa memaksimalkan daya juang para pengurus.

Setelah visi misi tersebut di atas, dan tak kalah menariknya dalam MUNAS LP.-P-K untuk pertama kali diadakan, adalah Pemilihan Ketua Umum, dihadiri Komisi Daerah (KOMDA), Tim Khusus dan Komisi Cabang (KOMDA) dari berbagai daerah se Indonesia. yang dilakukan tanpa votting tetapi pengambilan suara berdasarkan aklamasi yang menetapkan Andi Aro sebagai Ketua Umum Periode 2022-2027  melalui Sidang Pleno MUNAS.

Baca Juga : Lambang LP.K-P-K Terbaru

Pimpinan Sidang Pleno MUNAS LP.K-P-K terdiri dari Ketua Alamsyah,S.Sos, asal KOMDA Bengkulu),Sekretaris Hadan Ustadhi,SH asal KOMDA Riau dan Anggota Sidang, Hauwa Dina Latuconsina peserta asal KOMDA Papua Barat, yang mengesahkan Ketua Umum terpilih setelah Ketua Sidang Pleno menanyakan, Apakah saudara-saudara setuju Pemilihan secara aklamasi? Serentak peserta setuju. Apakah saudara-saudara setuju Bapak Andi Abdul Rahman Onge alias Andi ARO sebagai Ketua Umum LP.K-P-K Masa Bhakti Tahun 2022-2027? Peserta menjawab dengan serentak, Setuju!. Tok-tok. Palu sidang diketok pertanda Ketua Umum resmi terpilih.

Salah satu peserta MUNAS asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (SULUT) Fadli Alamri menyampaikan ” Kami anggota sangat berharap semoga Ketua Umum terpilih bisa membawa LP.K-P-K menjadi semakin solid serta menjadi seorang pemimpin yang bisa membuat lembaga ini semakin jaya dan berkembang dan kedepannya, tak hanya anggota Peengurus Pusat (KOMNAS) saja semata tapi berharap segenap semua keluarga besar anggota LP.K-P-K, baik KOMDA,KOMCAB dan KOMRAN agar kiranya siap membantu menyukseskan setiap program yang telah dipaparkan Ketua Umum dalam visi misinya. Kami sangat membutuhkan arahan dan nasihat dari anggota LP.K-P-K terutama dari Ketua Umum dan Sekjen KOMNAS jika sewaktu-waktu kami salah arah.” Harapnya.

Baca Juga : https://pengawalkebijakan.id/andi-aro-terpilih-kembali-secara-aklamasi-menjadi-ketua-umum-lp-k-p-k-tahun-2022-2027/

Alamsyah selaku selaku Pimpinan Sidang Pleno MUNAS pada sesi pemilihan Ketua Umum menambahkan, agar kiranya Ketum Andi Aro bisa membawa organisasi ini lima tahun kedepan semakin jaya.

Dan saya cuma punya satu harapan, ibaratnya kapal besar. Bawalah kapal ini berlabuh tanpa diwarnai dengan sekat dan jadikanlah kapal ini sebagai tempat yang harmonis tetap menjaga kekompakan dan jangan pernah menghilangkan kekeluargaan tetaplah selalu ada untuk anggotanya ibarat Bapak dengan anak “. Ujar Alamsyah (JKS**)

 

Leave a Comment